Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

Hadiri Tasyakuran Kemerdekaan, Dandim Sintang Ajak wujudkan Ukhuwah Antar Umat Beragama

Sintang – harian fajar

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan yang ke 76 Tahun, Komandan Kodim 1205/Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan menghdiri tasyakuran Kemerdekaan yang digelar di kediaman Ketua LDNU Sintang, Ustadz Khadirin Sirajudin, di Desa Emparu Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang, Kamis (19/08/2021).

Dandim Sintang pada sambutannya mengatakan, “kegiatan ini harapannya dapat berjalan berkelanjutan sehingga mewujudkan ukhuwah antar umat beragama, yang nantinya diharapkan mampu menjadi role model untuk wilayah lain di Kabupaten Sintang.

Lebih lanjut ia mengatakan, “pada momen Kemerdekaan ini, mari kita sama-sama memaknainya dengan semangat kebermanfaatan untuk membangun dan memajukan Sintang dan Indonesia,” ucapnya.

“Kemajuan Indonesia merupakan keinginan dan cita-cita kita semua, maka dari itu untuk menuju itu semua, saya mengajak mari kita beraktifitas sehari-hari, berpola fikir, dan berucap yang arahnya kesana, contohnya sebagai sebuah negara yang maju, orang-orang tidak pernah berfokus pada perbedaan tersebut,” tambahnya.

Seperti yang tadi kita dengarkan bersama, Kepala Desa Emparu, Bapak Samson S.I.P juga mengatakan, dalam kegiatan ini, yang perdana kita laksanakan, bahwa beliau bercita-cita membangun sebuah harmoni keguyuban di wilayahnya, beliau menyampaikan pada saat hari-hari besar keagamaan kita bisa saling jaga, seperti hari haya Natal yang dijaga oleh umat Islam, begitu sebaliknya, saat hari raya Idul Fitri dijaga oleh Umat Kristiani, sehingga tercipta keharmonisan antar Umat beragama.

Dandim Sintang menguatkan, bahwa di kota-kota besar sudah ada yang seperti demikian, sebagai contoh di Surabaya, pernah ada Banser yang meninggal pada saat melakukan penjagaan Ibadah Gereja karena ledakan bom.

Dan akhirnya, mari kita bangun kebersamaan ini dalam bingkai Kebinekaa Tunggal Ikaan, sehingga apa yang menjadi impian kita bersama dalam momen yang spesial ini dapat terwujud, demi kemajuan, Sintang, Indonesia dan Kemanusiaan,” pungkas Dandim mengakhiri.

pendim1205