Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

Kasat Samapta Beri Teknik Dan Taktik menggunakan Perahu Karet Kano

Gunung Mas,harianfajar.com
Antisipasi bencana banjir yang terjadi di musim penghujan, personil Satuan Samapta Polres Gunung Mas yang dipimpin oleh Kasat Samapta Iptu Muludin, S.Sos menggelar latihan Teknik dan taktik menggunakan perahu karet. Selasa (13/04/2021) Pagi.

Pelatihan tersebut sengaja dilakukan oleh Kasat Samapta sebagai langkah dan upaya untuk mengantisipasi kemungkinan bencana banjir yang terjadi saat musim hujan di wilayah hukum Polres Gumas.

Kasat Samapta mengatakan, personil Sat Samapta yang dilibatkan dalam tim SAR akan dilatih kemampuannya, baik dalam proses pencarian maupun evakuasi korban.

Dalam kesempatan tersebut personil dilatih untuk melakukan tekni menggunakan perahu kano, adapun beberapa materi latihan dasar yang dilakukan yaitu Teknik cara menaiki perahu kano.

“Kemudian teknik membalikkan perahu karet, teknik cara menolong korban yang tenggelam menggunakan perahu karet, serta teknik bagaimana melakukan penyelamatan korban tenggelam di air,” ujar Kasat.

“Kegiatan ini dalam rangka antisipasi banjir di wilayah hukum Polres Gumas yang mana akhir-akhir ini curah hujan sangat tinggi. Kita tidak ingin ada bencana, namun jika itu terjadi, kita sudah memiliki kesiapan untuk melakukan upaya penyelamatan,” Tutup Kasat Samapta (Febi)