Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

[13/4 12.36] Mas Pri Humas Polda: Di Rakernis Propam, Kapolri Minta Polisi Terlibat Narkoba Ditindak Tegas

JAKARTA -harian fajar

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada Propam Polri untuk menindak tegas seluruh personel kepolisian yang masih terjerat dalam kasus Narkoba.

Hal itu ditekankan Sigit saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Divisi Propam Polri di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (13/4/2021).

“Terhadap yang melakukan pidana, utamanya narkoba kalau memang sudah tidak bisa diperbaiki, kalau sudah tidak bisa dibina, yang begitu-begitu segera selesaikan,” kata Sigit dalam sambutannya.

Menurut Sigit, sebagai personel kepolisian tugas pokoknya sudah jelas, memberantas, memberangus dan menangkap bandar narkoba di Indonesia. Bukan malah sebaliknya, polisi malah terjerumus masalah itu.

“Karena saya pikir kami sebagai penegak hukum yang bertugas melakukan penangkapan, pemberantasan terhadap hal seperti itu. Tapi disitu rekan-rekan juga di dalamnya yang beginian selesaikan dengan cepat,” ucap eks Kabareskrim Polri itu.

Saat ini, Sigit menyebut, sudah banyak perubahan sikap maupun perilaku dari aparat kepolisian di lapangan. Terutama personel yang menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya melihat di lapangan banyak sekali perubahan yang sudah dilakukan oleh anggota,
saya melihat bagaiamana rekan-rekan bekerja kerja hadir pada saat masyarakat membutuhkan kehadiran dari kepolisian pada saat siang, pada saat banjir, pada saat hujan,” ujar Sigit.

Oleh sebab itu, Sigit menekankan, oknum-oknum kepolisian yang terlibat narkoba ataupun terjerat pidana lainnya justru akan merusak citra Polri yang saat ini terus membangun kepercayaan publik lebih tinggi lagi.

“Oleh karena itu jangan hanya gara-gara satu dua orang oknum yang melakukan pelanggaran maka 100 anggota yang sudah bersusah payah itu kemudian hilang. Ibarat hanya gara-gara nila setitik maka rusak susu sebelanga, hal seperti itu ke depan harus diperbaiki,” tutup Sigit.
[13/4 13.40] Pak Mur Humas Polda AKBP: Jaring Anggota Polri Berkompeten, Polda Kalteng Gelar Pengambilan Sumpah, Pakta Integritas dan Launching Inovasi SDM

Palangka Raya,harianfajar.com
Pengembangan sumber daya manusia Polri merupakan hal penting dalam mewujudkan paradigma Polri yang mampu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat sebagaimana tuntutan masyarakat akan keberadaan Polri yang profesional, akuntabel, modern, unggul dan terpercaya serta mewujudkan sosok anggota Polri yang diharapkan masyarakat.

Guna menjaring calong anggota Polri yang berkompeten, Polda Kalteng menggelar pengambilan sumpah dan pakta integritas pada penerimaan Bintara dan tamtama Polri tahun anggaran 2021 yang bertempat di Aula Arya Dharma Mapolda Kalteng, Selasa (13/04/2021) pukul 09.00 WIB.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. dan dihadiri juga oleh pejabat utama Polda Kalteng, Katim seleksi, perwakilan instansi terkait, ketua LSM Kalteng Watch sebagai pengawas eksternal, perwakilan orang tua/wali peserta tes, perwakilan peserta tes serta diikuti peserta tes secara virtual.

Selain memimpin pengambilan sumpah dan pakta integritas, Kapolda Kalteng juga melaunching inovasi Biro Sumber Daya Manusia Polda Kalteng berupa alat ukur tinggi badan berbasis digital yang merupakan pertama di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda menyampaikan bahwa pada penerimaan anggota Polri harus mempunyai standarisasi bersih, obyektif, transparan, akuntabel guna menghasilkan anggota Polri yang berkualitas baik dengan memegang teguh prinsip penerimaan Polri yang Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (Betah) serta on the track yang merupakan bentuk komitmen Polri dalam mewujudkan personel Internal Trust (kepercayaan ke dalam) maupun Public trust (kepercayaan publik)

“Sumpah dan janji yang telah kita ucapkan bersama ini merupakan komitmen kita kepada Tuhan Yang Maha Esa yang akan dipertanggung jawabkan kelak nantinya dan saya ingatkan kembali agar setiap pelaksanaan tahapan ujian/pemeriksaan tetap memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid -19 baik dari panitia penyelenggara maupun dari peserta tes,” pungkasnya.(Febi)