Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

Transformasi Polri Presisi, Kasatresnarkoba Polres Gumas Pasang CCTV Diruang Penyidikan

Gunung Mas,harianfajar.com
Untuk mendukung Transparansi Berkeadilan pada proses penyidikan, Kapolres Gunung Mas AKBP Rudi Asriman,S.I.K., memperintahkan Satresnarkoba memasang alat perekam suara dan CCTV di ruang penyidikan, Jum’at (09/04/202) siang.

Menanggapi hal ini, Kasatresnarkoba Ipda Budi Utomo, S.H., dengan segera melakukan pemasangan CCTV dan alat perekam diruangannya tersebut.

“Dengan dipasangnya alat ini, kami sebagai Kasatresnarkoba dan Kapolres Gunung Mas bisa memantau langsung kinerja para penyidik ketika mereka melakukan tugasnya,” ungkap Kapolres.

Disamping itu, terang Rudi, hasil rekaman tersebut juga menjadi salah satu alat bukti jika ada warga yang mengeluhkan maupun komplain dengan proses penyidikan yang dilakukan.

“Kebijakan ini juga tentunya kami laksanakan sebagai upaya mengantisipasi kinerja rekan kami terhadap hal – hal bertentangan hak asasi pelaku. Sehingga tidak ada penyidik yang main-main dalam proses penyidikan,” sambungnya.

Tidak hanya itu, lanjut Rudi, dengan alat bukti tersebut, pimpinan bisa menindak tegas anggota yang melanggar ketentuan. “Sehingga, dengan kamera CCTV dan alat perekam suara, Pimpinan juga bisa menilai kinerja Penyidik,” urainya.

Hal senada pun disampaikan Budi, jika pemasangan alat perekam suara dan CCTV di ruangan penyidikan sudah diterapkan oleh kepolisian di negara – negara maju.

“Kami mencoba mengawali dengan menerapkan kebijakan pemasangan alat perekam dan kamera CCTV untuk meningkatkan kinerja kepolisian khususnya diruang Satresnarkoba,” tandasnya.

Budi berharap, melalui langkah yang diambilnya ini bisa memperbaiki citra polisi di mata masyarakat sekaligus guna menuju transformasi Polri yang Presisi.(Febi)