Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

Jelang Perayaan Natal Dan Tahun Baru 2021, Brimob Kalteng Apel Gelar Operasi Lilin Telabang 2020

Palangka Raya,harianfajar.com

Satbrimob – Dengan mengambil tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Telabang 2020 Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021 Ditengah Pandemi Covid-19”, Polda Kalimantan Tengah laksanakan apel Operasi Lilin Telabang 2020.

Pelaksanaan apel gelar operasi lilin telabang 2020 ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, Mhum., M.Si., M.M dan dilaksanakan di Mako Ditsamapta Polda Kalteng Jalan Tjilik Riwut KM.6 Kota Palangka Raya. Senin (21/12/2020) pagi.

Turut hadir Danrem 102/Panju Panjung, para Pejabat Utama Polda Kalteng, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Dishub Provinsi Kalteng dan Saka Bhayangkara.
Kapolda Kalteng Melalui Dansatbrimob Kombes Pol Bambang Widjanarko Baiin, S.I.K., M.Si mengatakan bahwa apel gelar operasi lilin telabang 2020 ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel serta sarana dan prasarana guna mendukung pelaksanaan tugas pada saat pengamanan perayaan natal dan tahun baru 2021.

“Perayaan natal dan tahun baru yang biasa dilaksanakan oleh masyarakat ini akan mengakibatkan peningkatan aktivitas keramaian masyarakat, yang tentunya sangat berpotensi terjadinya gangguan kamtibmas yang perlu kita waspadai seperti ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, dan aksi perusakan fasilitas umum, kecelakaan lalu lintas serta pelanggaran protokol kesehatan Covid-19,” ungkap Bambang.

Bambang pun menegaskan agar pengamaan perayaan natal dan tahun baru ini tidak boleh dijadikan agenda rutin tahunan yang biasa dilakukan sehingga mengakibatkan kecenderungan underestimate yang mengakibatkan tidak waspada terhadap situasi kamtibmas perlu adanya kegiatan preventif dari pihak kepolisian dan tentunya jangan sampai perayaan natal dan tahun baru ini menjadi klaster baru penyebaran covid-19.

“Saya berpesan kepada seluruh personel yang terlibat ops lilin telabang agar siapkan mental fisik dan kesehatan senantiasa, niatkan pelaksanaan tugas sebagai ibadah, tingkatkan kepekaan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan terhdap kemungkinan adanya aksi terror dan aktivitas yang memanfaatkan perayaan natal dan tahun baru, laksanakan pengamanan secara humanis yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai, mantabkan sinergritas bersama TNI dan instansi terkait serta utamakan protokol kesehatan Covid-19,” tutupnya.

Operasi lilin telabang 2020 ini sendiri akan dilaksanakan selama 15 hari dimulai dari tanggal 21 desember 2020 sampai dengan tanggal 04 januari 2021. (Fabianus)