Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

Dilakukan Secara Daring, Kapolda Kalteng Resmikan Balai Keramat Raja Nyai Balau

GUNUNG MAS,harianfajar.com Sebagai salah satu bentuk perhatian terhadap situs budaya dan kearifan local terus dilakukan oleh Polda Kalteng bersama dengan Polres jajarannya.

Kali ini Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo kembali meresmikan pemugaran (renovasi) Situs Cagar Budaya Keramat Raja Nyai Balau yang terletak di Kecamatan Tewah, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalteng. Sabtu (18/12/2020) pukul 08.00 WIB.

Melalui Daring (secara virtual) bertempat di Lobi Mapolda Kalteng, Jendral Bintang Dua ini dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak terkait sehingga pada hari ini dapat meresmikan situs budaya Balai Keramat Raja Nyai Balau.

“Mari bersama kita menjaga budaya dan adat istiadat agar tidak tergerus oleh kemajuan jaman,” ucap Kapolda.

Pada kesempatan yang sama, Keturunan langsung dari Nyai Balau Sdr. Yoshia Triadi, S.Pd. memberikan ucapan banyak Terima Kasih Kepada Kapolda Kalteng, Kapolres Gunung Mas dan Kapolsek Tewah dalam membantu membangun Cagar Budaya Keramat Nyai Balau di Kelurahan Tewah ini sehingga dapat diresmikan.

“Terima Kasih kepada Bapak Kapolda berserta jajarannya yang peduli dengan situs budaya yang ada. Dengan diresmikannya situs budaya keramat Nyai Balau agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum yang ingin berziarah dan berwisata.” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan ini yang berada di Situs Cagar Budaya Nayi Balau yaitu Kapolres Gunung Mas AKBP Rudi Asriman, Wakil Bupati Gunung Mas Ibu Ir. Efrensia L.P Umbing, M.Si., Kabag Ops, Kasat Lantas, Kasat Sabhara,Pabung Kodim 1016 PLK Kapten Inf M. Ayuf, Keturunan Nyai Balau, Camat Tewah, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.(Fabianus)