Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

Kapolres Gumas Hadiri Pemusnahan Barang Bukti di Kejaksaan

Gunung Mas,harianfajar.com
Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Gunung Mas AKBP Rudi Asriman, S.I.K.menghadiri acara pemusnahan barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht) di halaman Kejaksaan Negeri Gunung Mas, Kamis (17/12/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Kejari Gumas Anthony SH, Bupati Jaya S Monong, Pabung Kapten Inf M Ayyuf, bersama pejabat lainnya.

Puluhan barang bukti (barbuk) dari tindak pidana yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, berupa narkotika, sajam, uang palsu (upal), dan perkara pembakaran. Sehingga, dimusnahkan langsung Kejaksaan Negeri (Kejari) Gunung Mas (Gumas) bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) setempat.

“Ada 25 barbuk yang kita musnahkan dan mempunyai kekuatan hukum tetap, seperti narkoba ada 20 perkara sabu, sebarat 504,46 gram, dimusnahkan pada tahap penyidikan ada 142,68 gram, pemeriksaan laboratorium ada 1,76 gram dan hari ini dimusnahkan ada 360,02 gram sabu serta dilakukan bersama,” ucap Kejari Gumas Anthony SH.

Selain narkoba itu, kata Anthony menyebut, ada ekstasi delapan butir yang disita 3,11 gram, 0,40 gram untuk pemeriksaan di laboratorium, sedangkan, lanjut dia, ada 2,70 gram sabu untuk pembuktian di persidangan. Kalau perkara lain seperti perkara upal ada satu yang sudah ingkrah. Untuk perkara upal yang terjadi kasus waktu lalu di Kecamatan Manuhing, barang buktinya ada 476 lembar uang palsu nominal Rp 100 ribu. Sedangkan perkara lain, tambah dia menuturkan, ada perkara pembakaran lahan serta barangbuktinya ada bermacam-macam. Sehingga perkara tersebut dilakukan pemusnahan berupa barangbuktinya.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., MM melalui Kapolres Gunung Mas AKBP Rudi Asriman, S.I.K. menuturkan bahwa, sebagai bagian dari sistem penegakan hukum, pihaknya mengapresiasi kegiatan tersebut, Harapanya sinergitas antara Kepolisian, Kejaksaan maupun Pengadilan semakin meningkat selaras dengan Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Gunung Mas.

“Sinergitas antar aparat penegak hukum dan dukungan dari semua elemen masyarakat tentu sangat membantu dalam rangka menciptakan Kamtibmas yang kondusif khususnya terkait dengan penanganan kejahatan atau tindak pidana lainnya.”ujar Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Gunung Mas bersama dengan tamu undangan lainnya turut serta memusnahkan barang bukti baik dengan cara dibakar maupun dilarutkan dalam air dan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan Barang Bukti. (Fabianus)