Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

Polres Gumas Dan Pemkab Pantau Jalannya Pencoblosan Di TPS

GUNUNG MAS-KALTENG,harianfajar.com
Polres Gunung Mas (Gumas), Polda Kalteng bersama pihak Pemerintah Kab. Gumas dan TNI memastikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten ini telah menerapkan protokol kesehatan saat pencoblosan. Kepastian itu pun dilakukan dengan berkeliling dan patroli ke sejumlah TPS yang ada di Kota Kuala Kurun. Rabu (9/12/2020) pukul 10.00 WIB.

Patroli tersebut dipimpin oleh orang nomor satu di jajaran Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman bersama dengan Bupati Gumas Jaya S. Monong, Wakil Bupati Gumas Efrensia L.P. Umbing, Pamatwil dari Polda Kalteng Kab. Gunung Mas AKBP Dharmeswara serta unsur Forkopimda Kab. Gumas.

Adapun TPS yang dikunjungi adalah TPS 07 dan TPS 10 yang ada di Kelurahan Kuala Kurun.

Kapolres Gumas ABKP Rudi Asriman mengatakan, pihaknya bersama instansi terkait sudah melihat protokol kesehatan di setiap TPS yang melaksanakan dengan baik dan ketat saat proses pencoblosan. Menurutnya, kesehatan masyarakat menjadi prioritas utama, sehingga dalam proses pencoblosan harus betul-betul sesuai dengan prosedur kesehatan yang ada.

“Dari beberapa TPS yang kita pantau tadi, semuanya sudah representatif dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan ada pemilih yang berdekatan juga kita minta untuk jaga jarak. Kita tidak ingin nanti setelah Pilkada muncul klaster baru Covid-19,” ujarnya.

Kapolres juga mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang mendatangi orang sakit dan memastikan hak pilihnya tidak hilang.

“Kami juga melihat ada pelayanan prima yang diberikan petugas KPPS bagi orang yang sakit dengan mendatangi rumah yang bersangkutan hal ini sangat bagus karena bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih,” jelas Kapolres.

Dari segi keamanan, dikatakan Kapolres saat ini situasi masih aman dan kondusif dan dipastikan tidak ada gangguan Kamtibmas.

“Sebanyak 152 personel dari Polres Gumas dan BKO Polda Kalteng sudah digeser untuk membantu pengamanan sebanyak 273 TPS di seluruh wilayah Kab. Gumas. Untuk saat ini belum ada kejadian menonjol yang bisa dilaporkan, kita harapkan situasi tetap aman dan kondusif,” pungkasnya. (Fabianus)