Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

Terkait Distribusi Pupuk Terlambat Ke Warga Desa Belanti Siam: Dinas TPHP Kalteng Itu Urusan Pusat

PALANGKA RAYA,harianfajar.com
Keluhan warga Desa Belanti Siam Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau yang disampaikan Kepala Desanya Arifin Amin atas keterlambatan datangnya pupuk bantuan pemerintah ke desa tersebut yang masuk kawasan Food Estate, disikapi dingin (biasa saja) oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah Hj. Sunarti melalui dua orang stafnya yang bernama Tony Palis, SP Kasie Lahan Irigrasi Agus  dan Dardiansyah, SP Kasie Pupuk Pestisida Alat dan Mesin Pertanian dengan nada datar mengatakan bahwa itu merupakan kewenangan Pemerintah Pusat (Kementerian Pertanian). 

“Mengenai persoalan keterlambatan  persedian pupuk di kawasan Food Estate seperti di Desa Belanti Siam adalah kewenangan Pemerintah Pusat yakni Kementerian Pertanian karena Satkernya di mereka,” kata Agus Palis di ruang kerjanya, Jumat (4/12/2020) sekitar pukul 10.10 WIB.

Dijelaskannya, bukan hanya pupuk tapi semua program yang berhubungan dengan kawasan Food Estate di Kapuas dan Pulang Pisau, kewenangan dan pendistribusiannya langsung Pemerintah Pusat.

Terkait solusi apa yang mesti diambil atas keluhan keterlambatan pupuk warga tersebut, Agus Palis mengatakan singkat “Pusat sudah tau”.

“Merekakan sudah lama menjadi petani, mestinya mereka sudah tau cara mengatasinya. Sudah tau pupuk bantuan terlambat datang, bisa saja mereka mendahulukan menggunakan pupuknya mereka sendiri,” ujar Agus Palis.

Di tempat dan waktu yang sama, Dardiansyah, SP menjelaskan untuk para petani yang masuk dalam kawasan Food Estate tidak boleh menerima pupuk subsidi.

“Sampai hari ini baru satu distributor pupuk untuk kawasan Food Estate yang melapor, itupun distributor untuk Kabupaten Kapuas. Mereka tidak wajib melapor ke kami, jadi bila tidak melapor ya tidak apa-apa,” terangnya.

Sekedar diketahui, dalam berita berjudul “Kades Belanti Siam Harapkan Pendistribusian Pupuk Bisa Berjalan Lancar” yang terbit hari Kamis (3/12/2020) di media ini, Arifin Amin Kepala Desa Belanti Siam Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau menyampaikan keluhan warganya atas keterlambatan distribusi pupuk bantuan pemerintah ke desanya. (Fabianus)