Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Gumas Gelar Rapid Test Bagi Anggotanya

Gunung Mas-Kalteng,harianfajar.com
Petugas Kepolisian merupakan salah satu profesi yang bisa dikatakan cukup rentan tertular Covid-19. Bagaimana tidak, dalam setiap pelaksanaan tugasnya kerap bersinggungan langsung dengan masyarakat. Bahkan, dalam penanganan Covid-19, polisi merupakan salah satu garda terdepan yang terlibat dalam upaya pencegahan dari sosialisasi hingga evakuasi.

Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 dilingkungan Kepolisian, Polres Gunung Mas menggelar rapid test bagi seluruh anggotanya. Personel Polres Gumas ini menjalani Rapid test di Gazebo Satlantas Polres Gumas, Kamis (03/12/2020).

Dikonfirmasi langsung, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., MM melalui Kapolres Gunung Mas AKBP Rudi Asriman, S.I.K. mengatakan, rapid test ini merupakan salah satu kepedulian kesatuan terhadap anggotanya guna menjaga kesehatan sekaligus mencegah penyebaran covid-19 secara dini.

“Seluruh personel diwajibkan mengikuti rapid test ini, guna mencegah terjadinya penyebaran covid-19 dilingkungan polri.” jelas AKBP Rudi.

Rapid test itu sendiri lanjut Kapolres Gunung Mas AKBP Rudi Asriman, S.I.K. merupakan metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

“Agar lebih efektif, dalam pelaksanaannya kami bekerjasama dengan dinas kesehatan kabupaten Gunung Mas.” ucap Kapolres.(Fabianus)