Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

399 Personel Polda Kalteng Siap Diberangkatkan BKO Amankan Pilkada Serntak

Palangka Raya,harianfajar.com

Untuk memastikan kondisi dan kesehatan para perseonel yang akan diterjunkan BKO ke daerah dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak, 399 Personel Polda Kalteng dirapid test sekaligus dibekali APD guna mencegah penularan Covid-19 selama bertugas.

Sebagaimana diketahui Provinsi Kalimantan Tengah akan menggelar pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah yakni Pilkada Gubernur Kalteng dan Pilbub di Kabupaten Kotim.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo melalui Kabid Dokkes Kombes Pol Danang Pamudji mengatakan personel yang diberangkatkan ini telah melalui tahapan pemeriksaan kesehatan dan usia personel dibawah 50 tahun.

“Semuanya diperiksa melalui rapid test, apabila dinyatakan reaktif akan langsung dilaukan swab dan personel tersebut langsung diganti, selain itu pengecekan kesehatan ini juga untuk menghindari penularan Covid-19” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, setelah pemeriksaan dinyatakan non reaktif maka personel langsung diberikan bekal APD serta suplemen untuk menambah daya tahan tubuh.

“Kita juga mengimbau dan mengingatkan seluruh personel yang bertugas untuk tetap disiplin menjalanlan protokol kesehatan dengan 3 M agar terhindar dari Covid-19” terangnya.

Adapun personel yang akan dilibatkan dalam BKO pengamanan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang yakni di Wilayah Kabupaten Gunung Mas, Katingan, Seruyan, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Barito Selatan, Barito Utara, Kapuas, Barito Timur, Pulang Pisau dan Palangka Raya serta Murung Raya.

Selain itu para personel pengamanan TPS ini diberikan uang saku, bekal kesehatan, Body Vest dan Makanan Tambahan Polri.

“Setiap personel BKO yang diberangkatkan menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada serentak 2020 ini nantinya sudah benar-benar memahami protokol kesehatan COVID-19” pungaksnya. (Fabianus)