Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

Cegah Terjadinya Karhutla, Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Batu Sambangi Warga Pemilik Lahan

Palangka Raya,harianfajar.com

– Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi perhatian khusus di Kalimantan Tengah khususnya pada Kota Palangka Raya saat memasuki musim kemarau.

Berbagai upaya pun dilakukan Polresta Palangka Raya dan polsek jajaran untuk mencegah terjadinya peristiwa tersebut, seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Batu, Bripka Nanang, Sabtu (24/10/2020) siang.

Sembari melakukan patroli kawasan rawan karhutla, ia bersama rekannya menyambangi warga yang memiliki lahan di sekitaran Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Warga pemilik lahan diingatkannya untuk tidak melakukan pembakaran ketika membersihkan lahannya tersebut karena berpotensi mengakibatkan karhutla yang berdampak pada kerusakan kelestarian alam.

“Memasuki musim kemarau, kondisi lahan menjadi kering yang berakibat fatal apabila dibakar karena pasti akan merambat, terlebih lagi dengan stuktur tanah di Kalimantan Tengah yang gambut,” tutur Nanang.

Selain itu, dirinya juga mensosialisasikan maklumat Kapolda Kalimantan Tengah tentang larangan melakukan karhutla, serta sanksi yang diberikan apabila tertangkap tangan melanggar peraturan tersebut.

“Kami sangat berharap agar seluruh masyarakat di Kota Palangka Raya turut membantu upaya ini, demi menjaga kelestarian alam dan mencegah terjadinya bencana kabut asap di Kota Palangka Raya,” pungkasnya. (Fabianus)