Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

3 Warga Jatim yang Diduga Positif Corona Dijemput Tim COVID-19 Hunter

Surabaya – Harian fajar

Tim COVID-19 Hunter di Jatim tak hanya menjaring pelanggar protokol kesehatan. Namun juga aktif menjemput pasien diduga positif COVID-19, yang tidak menjalani isolasi mandiri hingga yang tak memiliki tempat isolasi layak.

Semalam, Tim COVID-19 Hunter mengirim tiga orang diduga positif COVID-19 ke RS rujukan. Rinciannya, ada dua pasien terduga COVID-19 dari Surabaya dan seorang pasien dari Sidoarjo.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko memaparkan, penjemputan ini berawal dari laporan yang diterima timnya. Lalu, tim COVID-19 Hunter mendatangi rumah orang yang diduga terkonfirmasi Corona. Di sana dilakukan pengecekan tentang kebenaran informasi tersebut.

Jika benar ada terduga masyarakat yang terpapar, Truno menyebut, timnya langsung memboyong pasien ke RS rujukan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi munculnya klaster keluarga.

“Ada dua orang yang dibawa ke rumah sakit rujukan, saat Tim Hunter mendatangi rumah di Jalan Rungkut Surabaya. Ada dua orang yang akhirnya dirujuk ke rumah sakit,” kata Truno saat dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (24/9/2020).

Sedangkan satu pasien lainnya dijemput di Jalan Tengulunan, Kecamatan Candi, Sidoarjo. Truno menambahkan, dalam hal ini pihak Polda Jatim bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jatim dan Kodam V/Brawijaya.

Kerja sama ini demi efektivitas penindakan hukum Inpres Nomor 6 Tahun 2020. Truno menyebut ada lima sasaran tim COVID-19 Hunter. Salah satunya kepada orang-orang yang terduga suspect sesuai hasil swab dan data yang diterima.red