Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

Pedagang Bersihkan Sisa Kebakaran yang Hanguskan 13 Ruko di Bandung.

Bandung – 

Sejumlah pedagang tampak sibuk usai kebakaran menghanguskan toko mereka yang berada di kawasan Tegalega, Kota Bandung, Minggu (6/9/2020) malam. Para pedagang mencari barang-barang yang bisa diselamatkan.

Berdasarkan pantauan , Senin pagi (7/9/2020) terlihat para pedagang dan warga berbondong-bondong di sekitar lokasi kebakaran membersihkan sisa-sisa ruko yang terbakar. Tidak hanya itu, petugas dari Dinas Sosial dan Karang Taruna juga ikut membantu proses pembersihan.

Beberapa di antaranya mencari puing-puing barang yang masih bisa diselamatkan. Kemacetan juga sempat terjadi karena beberapa pengendara berhenti di tepi jalan untuk melihat bangunan yang sudah terbakar ini.

Namun tidak banyak barang yang dapat diselamatkan. Karena sebagian besar barang hangus terbakar.

Sama halnya dengan satu konter handphone yang turut terkena kobaran api. Meskipun dilihat dari kondisi ada beberapa item yang dijual masih bisa diselamatkan. Sisa barang yang terbakar akhirnya dibersihkan oleh petugas terkait.

Ketua Rukun Tetangga Sri Rani Lesmanawati mengatakan, tadi pagi masih ditemukan beberapa titik lokasi yang menimbulkan percikan api atau asap.

“Beres-beres sambil liat-liat kalau kalau masih ada api yang nyala, tadi pagi karena masih ada asap ternyata ada gas yang masih panas,” kata Sri saat ditemui di lokasi.

Selain gas, ada pula bagian bangunan yang masih mengeluarkan api. Dengan sigap, warga yang berada di lokasi mematikan api tersebut. Kebakaran ini menghanguskan 13 ruko dan rumah.

Dia mengaku belum mengetahui penyebab pasti terjadinya kebakaran. Hanya saja dia menduga kebakaran disebabkan adanya korsleting listrik.

“Karena ini kan kebanyakan perusahaan. Sebelumnya ini toko kusen, cimol itu ada tujuh, warung, konter hp. Kusen gudangnya sampai belakang toko lain,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 13 bangunan rumah toko (ruko) di kawasan Tegalega Bandung hangus terbakar. Petugas masih menyelidiki penyebab kebakaran.

“Untuk penyebab masih diselidiki,” ucap Kasi Rescue Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Yogi Mamesa kepada detikcom, Senin (7/9/2020).

Peristiwa kebakaran tersebut diketahui terjadi pada Minggu (6/9/2020) malam sekitar pukul 20.00 WIB. Akibat peristiwa itu, 13 ruko, satu rumah dan gudang terbakar. (Red)