Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

2 Hari Berturut-turut, India Catat 83 Ribu Kasus Corona Sehari

New Delhi – 

Jumlah kasus virus Corona (COVID-19) di India bertambah dengan cepat dalam beberapa pekan terakhir. Selama dua hari berturut-turut, otoritas India melaporkan tambahan 83 ribu kasus Corona dalam sehari.

Seperti dilansir Associated Press dan CNN, Jumat (4/9/2020), Kementerian Kesehatan India melaporkan 83.341 kasus Corona dalam 24 jam terakhir.

Angka tersebut sedikit di bawah rekor tertinggi global untuk tambahan kasus harian yang dicetak India pada Kamis (3/9) waktu setempat, dengan 83.883 kasus Corona dalam sehari.

Dengan lonjakan tersebut, total 3.936.747 kasus Corona kini terkonfirmasi di wilayah India. Dengan angka ini, India masih menempati peringkat ketiga sebagai negara dengan total kasus Corona tertinggi di dunia, setelah Amerika Serikat (AS) dan Brasil.

Diketahui bahwa India mencatat nyaris 2 juta kasus Corona sepanjang bulan Agustus lalu. Wilayah Pune, Mumbai, New Delhi dan Chennai menjadi wilayah yang terdampak Corona paling parah di India.

Kementerian Kesehatan India juga melaporkan 1.096 kematian dalam 24 jam terakhir. Dengan demikian, total kematian akibat Corona di India mencapai 68.472 orang. Total kematian akibat Corona di India juga tercatat sebagai total kematian tertinggi ketiga di dunia, setelah AS dan Brasil.

Namun menurut Kementerian Kesehatan India, angka kematian akibat Corona di India yang mencapai 1,75 persen tergolong rendah dan berada di bawah angka kematian rata-rata global yang mencapai 3,3 persen. Para pakar mempertanyakan apakah ada wilayah India yang tidak melaporkan jumlah kematian sebenarnya.

Dalam laporannya, Kementerian Kesehatan India juga mengumumkan bahwa sedikitnya 3.037.151 pasien Corona di wilayahnya dinyatakan telah sembuh. (Red).