Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

Ridwan Kamil: Jawa Barat Butuh Rp 600 T untuk Bangun Provinsi Modern

Jakarta – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan Provinsi Jawa Barat membutuhkan pendanaan dalam jumlah besar untuk menjadi provinsi modern.

Dia mengatakan dibutuhkan sekitar Rp 600 triliun dan kebutuhan ini tidak bisa mengandalkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

“Saya sudah hitung Jawa Barat itu butuh Rp 600 triliun untuk mencapai kualitas pembangunan provinsi modern. APBD kami hanya Rp 40 triliun per tahun dan Rp 10 triliunnya untuk infrastruktur,” kata Ridwan dalam diskusi online, Rabu (2/9/2020).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengungkapkan, ini artinya dibutuhkan waktu 60 tahun untuk mencapai kualitas modern jika pembiayaan hanya dilakukan dari APBD.

“Jadi butuh waktu 60 tahun untuk selesaikan mimpi itu. Bagaimana supaya 10 tahun saja? Ya ajak pihak swasta melalui KPBU atau obligasi daerah,” jelas dia.

Kang Emil mengungkapkan untuk skema KPBU ini memang tidak bisa digunakan untuk proyek transportasi massal. Pasalnya proyek tersebut tidak feasible.

“Mohon maaf ini tidak bisa mengandalkan anggaran APBD sampai akhir zaman ya susah. Untuk KPBU juga transportasi publik tidak feasible, karena itu dibutuhkan skema yang lain,” imbuh dia.(Red)