Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

Kasus Naik Tajam, Warga India Minta Bantuan Dukun untuk Tangani Corona

Jakarta

– India sebelumnya mencatat rekor peningkatan kasus harian Corona tertinggi di dunia. Pada Minggu (30/8/2020) India melaporkan 78.761 kasus baru dalam 24 jam, demikian lapor BBC.
Angka ini melampaui rekor kasus harian Amerika Serikat 17 Juli lalu. Kenaikan kasus di India dikaitkan dengan sejumlah pelonggaran pembatasan yang semula ditetapkan, demi meningkatkan perekonomian.

Di saat lonjakan kasus Corona meningkat, pendapatan dukun di India pun dilaporkan meningkat hingga 40 persen. Mengapa begitu?

Dikutip dari Reuters, astrolog mistik India, Sanjay Sharma sibuk menawarkan jasa kepada kliennya untuk mengintip masa depan mereka, imbas pandemi Corona yang kini berdampak pada keseharian mereka.

“Saat ini orang benar-benar takut dengan masa depan mereka,” kata Sharma.

“Bagaimana mereka akan bertahan? Apakah mereka akan mendapatkan pekerjaan atau tidak? Akankah bisnis mereka bertahan atau tidak,” tambahnya.

Alasan orang India berbondong-bondong pergi ke dukun
Orang India berbondong-bondong pergi ke astrolog, pembaca kartu tarot, dan mereka mencari tahu apa yang ada di masa depan. Entah tujuannya menemukan solusi untuk masalah kesehatan, keuangan, maupun mental.

“Kapan pun pikiran kami benar-benar terganggu dan kami merasa cemas, kami datang ke sini,” kata Anju Devi, 52, yang bertanya kepada Sharma tentang bisnis putranya yang semakin sepi dan nasib pernikahan putrinya.

“Mereka yang mengalami depresi dan mengonsumsi obat-obatan, mereka merasa lebih baik setelah datang ke sini dan itu membantu mereka keluar dari situasi itu (stres atau cemas),” jelas Sharma.

Baca juga: Terinfeksi Virus Corona, Mantan Presiden India Meninggal
Para astrolog India, pembaca telapak tangan, ahli numerologi, dan pembaca kartu tarot diperkirakan menghasilkan pendapatan ratusan juta dolar setahun. Ajay Bhambi, peramal terkenal dan konsultan spiritual untuk politisi, bintang Bollywood, dan pemain kriket profesional, mengatakan bisnisnya telah meningkat 40 persen sejak wabah Covid-19.

“Anda menjaga harapan tetap hidup dan melihat apa yang sebenarnya disimpan untuk mereka di masa depan,” kata Bhambi, seorang pelanggan tetap di jaringan TV India.

“Jika saya melihat sedikit sinar, maka saya dapat membuat gambar yang lebih baik untuk mereka,” lanjut Bhambi.

Dia memperkirakan krisis virus Corona India akan meningkat secara signifikan mulai Maret dan seterusnya. Namun, tidak setiap mistik dibanjiri pelanggan.

Misalnya, Kripajyoti Nisha Singla, yang juga mempraktikkan hipnoterapi, mengatakan dia telah membatalkan sesi karena kurangnya permintaan. (Red).