Harian Fajar

Mengungkap Fakta & Peristiwa

Kapolri Rotasi Jabatan Sejumlah Pati dan Pamen di Polri.

JAKARTA,

– Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis melakukan rotasi jabatan terhadap sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri. Rotasi jabatan tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/2557/IX/KEP./2020 dan ST/2558/IX/KEP./2020 dan tertanggal 1 September 2020. Kedua surat tersebut ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Sutrisno Yudi Hermawan atas nama Kapolri. “Iya, surat telegram tersebut benar,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono ketika dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (2/9/2020).

Salah satu yang dimutasi adalah Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Arman Depari. Ia dimutasi sebagai pati Bareskrim Polri dalam rangka memasuki masa pensiun. Selain Arman, terdapat lima jenderal dan 10 pamen Polri lainnya yang dimutasi dalam rangka pensiun dalam surat telegram nomor ST/2557/IX/KEP./2020. Misalnya, Komjen Iza Fadri yang sebelumnya ditugaskan sebagai duta besar dimutasi menjadi pati Divisi Hubungan Internasional Polri. Nama-nama pati Polri yang dimutasi dalam rangka pensiun antara lain Brigjen (Pol) Edy Supriadi, Brigjen (Pol) Agus Riansyah, Brigjen (Pol) Agus Rianto, serta Brigjen (Pol) Agus Irianto.

Sementara itu, pada surat telegram bernomor ST/2558/IX/KEP./2020, terdapat 89 pati ataupun pamen yang dimutasi. Salah satunya adalah Wakapolda Papua Brigjen (Pol) Yakobus Marjuki yang ditunjuk menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri. Jabatan Wakapolda Papua akan diisi oleh Brigjen (Pol) Matius D Fakhiri yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Papua Barat. Lalu, Irwasda Polda Papua Kombes Petrus Patrige Rudolf Renwarin akan menduduki posisi sebagai Wakapolda Papua Barat.(Red)